Home » , » Pengungsi Tieng Menunggu Kepastian Relokasi

Pengungsi Tieng Menunggu Kepastian Relokasi



Wonosobo, selasa (27/12) situasi Posko Pengungsi Desa Tieng mula. berkurang jumlah pengungsinya, relawan yang ada juga tinggal sedikit, Tim SAR sudah ditarik dari lokasi setelah semua korban sudah ditemukan. PKPU masih bertahan mendampingi pengungsi. Dengan terus melakukan aktifitas di dapur air, trauma healing dan serambi nyaman. Sampai saat ini relawan PKPU di Lokasi berjumlah 12 orang.
Saat ini di posko pengungsi dari saat awal berjumlah sekitar 658 orang saat ini menjadi sekitar 200an orang. Beberapa ada yang memberanikan diri pulang kerumah, ada yang memilih mengungsi dirumah saudaranya. Rata-rata yang bertahan dilokasi pengungsian adalah mereka yang rumahnya hancur dan sudah tidak dapat dihuni lagi.
Lokasi Desa Tieng dusun Ngesong memang rawan dengan bencana tanah longsor, rumah-rumah yang berada di tebing curam dan dibawah dengan sebagian besar pohon yang sudah tidak ada, berubah menjadi ladang-ladang kentang dan sayuran.
Penduduk bukan tidak tahu akan hal ini, “Kita tahu mas resikonya, kita Cuma bisa pasrah, kalau ingin dipercepat bencananya ya tinggal maksiatnya di perbanyak, kalau pengin bencananya ditunda ya tinggal ibadah, istigfar dan doanya di perbanyak” kata salah seorang bapak.
Sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah daerah tentang relokasi maupun penanganan pasca status tanggap darurat. Bisa jadi opsi PKPU mendirikan rumah senyum menjadi pilihan ketika dibutuhkan tempat tinggal darurat sampai ada kepastian relokasi maupun pembangunan rumah permanen dari pemerintah daerah. (indra/pkpu pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger