Home » , » PKPU Purwokerto Kunjungi SD Korban Longsor

PKPU Purwokerto Kunjungi SD Korban Longsor

Purwokerto, Hari Jum'at yang lalu, tepatnya tanggal 21 Mei 2010, PKPU KCP Purwokerto meninjau lokasi SD korban longsor yang berada di desa Cingebul Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas. Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala KCP, Priambodo Ario Pamungkas tiba di lokasi sekitar pukul 10 WIB. 

Begitu tiba di Lokasi, tim PKPU disambut langsung oleh Kepala sekolah SD 2 Cingebul Bapak Untung dan beberapa rekan-rekan guru lainnya.

Jalan Menuju SDN 2 Cingebul


SDN 2 Cingebul

SD 2 Cingebul kini hanya memiliki 4 ruang kelas dengan total jumlah murid 143 orang. Kondisi bangunan yang relatif sudah cukup tua dan sempit dapat dilihat dari retakan dinding disana sini yang sudah mulai terlihat dan cat tembok yang sudah terkelupas. Ruang perpustakaan yang sempit terpaksa masih harus disekat lagi untuk digunakan sebagai ruang UKS karena ketiadaan ruangan lain. Koleksi buku buku perpustakaan amat tidak layak dan tidak terlihat ada koleksi buku-buku baru unhtuk menambah pengetahuan.MCK yang tersedia hanya satu dan amat sangat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan siswa dan guru yang berjumnlah total 150 orang itu.



Karena minimnya bantuan dari pemerintah, masyarakat berinisiatif untuk melakukan swadaya membangun 2 ruang kelas sederhana dari bahan kayu dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu agar siswa kelas satu dan dua tidak perlu belajar di halaman lantaran ketiadaan kelas. namun apa daya, begitu bangunan sekolah sementara selesai dibangun, bencana longsor menimpa sekolah dan terpaksa mereka harus kembali ke halaman untuk belajar. Pihak desa akhirnya meloby dinas pendidikan untuk mengubah rumah dinas guru menjadi ruang pertemuan grumbul, yang sekarang akhirnya digunakan sebagai ruang kelas sementara bagi kelas 1 dan 2 untuk jangka waktu yang tidak pasti.




" Kami sangat berharap, bapak-bapak dari PKPU bisa menyampaikan kondisi ini ke Dinas Pendidikan maupun PKPU Pusat. Kami sudah mencoba untuk membuat proposal ke Pemkab, namun entah terhenti dimana karena sampai sekarang, belum ada bantuan yang sampai ke SD ini ", jelas Bapak Untung, Kepala SD 2 Cingebul di saat proses pencarian data.

Pukul 11.15, Tim PKPU meninggalkan lokasi dan langsung mengolah dan mengirimkan data-data yang berhasil dihimpun ke Kantor PKPU Semarang untuk ditindaklanjuti.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger