Home » , » LAPORAN TERKINI BANJIR BANDANG WASIOR, PAPUA BARAT Manokwari, Wasior. 8 Oktober 2010, 19.00 WITA (17.00 WIB)

LAPORAN TERKINI BANJIR BANDANG WASIOR, PAPUA BARAT Manokwari, Wasior. 8 Oktober 2010, 19.00 WITA (17.00 WIB)


-->
  1. RESUME
Korban yang meninggal dunia sampai pagi tadi sejumlah 111 orang. Kota Wasior lumpuh 80%, 6 buah sekolah, 6 buah puskesmas, 1 rumah sakit rusak parah. Posko PKPU di Kampung Makassar, Manokwari telah memberikan bantuan kepada pengungsi berupa 100 kg beras dan 6 dus mie instant.

  1. DATA KORBAN SAAT INI
Dari laporan relawan PKPU Subur Rojinawi pagi tadi, korban tewas bencana banjir bandang yang melanda Wasior, Papua Barat mencapai 111 orang. Selain korban tewas, puluhan lainnya hilang serta ratusan orang luka berat dan ringan. Semua korban luka berat dievakuasi ke Rumah Sakit di kota Nabire dan Manokwari.

  1. KONDISI LOKASI BENCANA
Kondisi kota Wasior rusak 80 %, kerusakan infrastruktur meliputi, rumah, sekolah, fasilitas kesehatan, fasilitas pemerintah dan jembatan serta jalan. Data yang dihimpun oleh tim rescue PKPU (Subur Rojinawi) adalah banjir bandang merusak 6 sekolah, 6 puskesmas, 1 rumah sakit. Berita ini didapatkan dari Bpk. Celebes dan Ramli, pengungsi asal Kampung Manggurai, Wasior yang berada di posko PKPU Kampung Makassar, Manokwari.

Akses menuju lokasi bencana hanya melalui udara maupun laut. PKPU berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk menyediakan sarana transportasi gratis untuk menyuplai logistic langsung ke lokasi. Saat ini akses menuju Wasior melalui udara berbiaya cukup tinggi. Sedangkan melalui laut membutuhkan waktu yang cukup lama antara 12 – 20 jam tergantung kondisi ombak.

  1. AKSI PKPU
PKPU sejak hari Rabu kemarin sudah mendirikan posko di Kampung Makassar dengan jumlah pengungsi 78 orang. Adapun bantuan yang diberikan berupa beras 100 kg dan mie instant 6 dus. Sedangkan tim rescue yang berjumlah 4 orang sudah sampai di Wasior dan menyuplai bantuan langsung ke korban bencana. Selain bantuan berupa logistic, tim PKPU juga melakukan aktivitas trauma healing kepada para pengungsi untuk menghilangkan trauma serta kejenuhan.

  1. KEBUTUHAN KORBAN BENCANA
Saat ini kebutuhan korban yang paling mendesak adalah kebutuhan untuk berupa makanan, air minum serta makanan balita diperlukan untuk bertahan hidup. Selain itu untuk pakaian, tenda dan selimut dibutuhkan untuk kenyamanan beraktivitas menunggu pulihnya kondisi Wasior.

Contact Person :
M. Yasin : 0818966634
Bayu : 08567850547
Subur : 081281839049
(Sbr/By)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger