Home » , » PKPU Dirikan Serambi Nyaman di BLK Manokwari

PKPU Dirikan Serambi Nyaman di BLK Manokwari

Korban selamat banjir bandang Wasior saat ini diungsikan ke Manokwari sejak hari Mingu (10/10) malam. Sejak hari Senin para pengungsi yang berada di Manokwari berjumlah 1.859 orang ditambah dengan sekitar 2.000 orang yang baru saja tiba dari Wasior dengan menggunakan kapal Pelni. Jumlah pengungsi yang mencapai hampir 4.000 orang ini kini dipusatkan di Kodim dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Manokwari.

Lokasi pengungsian yang tersebar di kota Manokwari, saat ini dikumpulkan di Kodim sekitar 2.000 orang dan lebih dari 1.500 orang berada di BLK Manokwari. Tim PKPU yang sejak hari Kamis (7/10) sudah mendirikan tenda di Kampung Makassar dan melayani lebih dari 80 orang pengungsi, kini memfokuskan bantuan ke BLK Manokwari.

Setelah membantu logistik berupa beras, mi instan dan air mineral, kemarin Selasa (12/10) tim PKPU berkoordinasi dengan pihak BLK untuk membuat Serambi Nyaman. PKPU memberikan bantuan berupa tangki air ukuran 200 Liter untuk air bersih bagi para pengungsi.

Aula yang disediakan oleh BLK disulap menjadi ruang bersekat untuk kelompok rentan yang terdiri dari bayi, balita dan anak-anak. Ruangan dengan luas 48m² tersebut akan digunakan untuk menginap 30 orang anak-anak. Mereka akan dilayani dengan sarapan, susu, makanan balita serta kegiatan trauma healing.

Kegiatan trauma healing ini meliputi, cerita rakyat, bermain bersama, membaca buku, dll. Selain itu di serambi nyaman ini disediakan obat-obatan standar dan kasur lantai. Ruangan ini memiliki kasa anti nyamuk untuk mencegah masuknya nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit DBD atau penyakit lainnya. Selain itu, ruangan ini dilengkapi dengan kipas angin, dispenser dan air galon untuk kebutuhan pengungsi. Ruangan ini juga diberikan lampu yang cukup untuk penerangan, sehingga ruangan menjadi nyaman saat malam hari.
Hari Rabu (13/10) pagi ini, PKPU mengadakan trauma healing kepada lebih dari 50 orang anak-anak. Seperti Selasa (12/10) kemarin, PKPU akan membagikan susu kotak kepada anak-anak dan balita yang sampai saat ini sudah terdata sebanyak 72 orang.

Hari ini, PKPU telah bekerjasama dengan Jasa Marga untuk mengelola bantuan dari Jasa Marga berupa buku dan mainan. Bantuan tersebut akan dikelola dan difasilitasi oleh PKPU bagi para bayi, balita dan anak-anak yang akan tinggal di Serambi Nyaman PKPU.

PKPU akan terus menggalang dana untuk kebutuhan Serambi Nyaman bagi para kelompok rentan yang terdiri dari bayi, balita, ibu menyusui, ibu hamil dan lansia. Bantuan ini sangat diperlukan mengingat panjangnya masa rehabilitasi di Wasior. Ayo bantu bayi, balita dan anak-anak korban banjir bandang Wasior.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger