Home » , » PKPU Siapkan Pelatihan Darurat Tanggap Bencana Berbasis Komunitas

PKPU Siapkan Pelatihan Darurat Tanggap Bencana Berbasis Komunitas

Purwokerto , Bulan Mei ini PKPU KCP Purwokerto berencana untuk membuat Pelatihan Darurat Tanggap Bencana Berbasis Komunitas. Mengambil Materi Managemen Bencana, Navigasi Darat, Vertical Rescue, kegiatan pelatihan direncanakan akan dilaksanakan di Hutan Bumi Perkemahan Baturaden. Saat ini, jumlah pendaftar yang masuk telah mencapai 10 orang. Rencananya, dari total calon peserta yang mendaftar, akan dilakukan seleksi tertulis dan wawancara dan tes fisik untuk memilih 20 peserta yang berhak ikut Pelatihan Gelombang pertama ini.
“ Pelatihan Gelombang Pertama ini akan menggunakan dua pendekatan yaitu indoor dan outdoor. Prosentase materi indorr 30 % dan outdoor 70 %. Mengingat jenis bencana yang terjadi di wilayah Banyumas lebih ke arah bencana wilayah darat, maka sebagian besar materi nantinya lebih diarahkan kepada pengetahuan tentang Penanggulangan bencana Darat, “ Jelas Wendy Saputro, Koordinator Tim Tanggap Bencana PKPU pada rapat persiapan pelatihan tahap II beberapa waktu yang lalu dihadapan manajemen PKPU KCP Purwokerto.

Untuk mesukseskan kegiatan ini, PKPU menjalin koordinasi dengan PMI, Badan SAR Daerah, dan juga MAPALA Unsoed serta Jagra FE yang nantinya akan menjadi narasumber kegiatan pelatihan ini. Beberapa pihak yang dihubungi telah menyatakan siap berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan ini baik sebagai narasumber maupun menyediakan peralatan yang dibutuhkan. ( Pri )
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger