Home » , » Peresmian SDN Umbulharjo 2 Cangkringan

Peresmian SDN Umbulharjo 2 Cangkringan



Siswa-siswi SDN Umbulharjo Bersorak


pkpu purwokerto - Wajah bocah-bocah itu terlihat ceria. Senyum mereka terus mengembang. Usai sudah belajar dengan kondisi seadanya. Kini, para siswa itu bisa nyaman kembali menuntut ilmu. Mereka adalah siswa-siswi SD N Negeri Umbul Harjo 2 Desa Cangkringan, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman DIY.

Selasa (20/3), Radar Banyumas diajak turut serta meresmikan gedung sekolah baru tersebut yang telah usai direnovasi. Pembangunan gedung tersebut didanai Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU. Andil didalamnya, sumbangan para pembaca Radar Banyumas.

SD tersebut rusak akibatmusibah erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam. Bencana tersebut menyebabkan hancurnya bangunan sekolah. Selasa (20/3) itu, bangunan baru diresmikan oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam IX.

Hadir juga Wakil Bupati Sleman dan perwakilan dari para donatur. Dalam sambutannya Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam IX mengatakan, semua patut bersyukur karena saat tertimpa musibah erupsi gunung merapi banyak pihak yang membantu.

SD Negeri Umbul Harjo 2 awalnya merupakan dua SD yang digabungkan. Dua SD itu yaitu SD Gondang dan SD Pangukrejo. Di harapkan dengan pembangunan gedung SD yang baru ini bisa meningkatkan semangat belajar siswa yang sempat terpuruk akibat tiadanya gedung sekolah.

Pihak donatur dan Lembaga Kemanusiaan PKPU, lanjutnya, sangat berperan mengembalikan kondisi pendidikan di Jogjakarta seperti semula. Pihaknya atas nama pemerintah DIY sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu serta tetap menaruh kepedulian terhadap pendidikan.

Perwakilan PKPU, Agung Noto Wiguno mengungkapkan, bantuan untuk sekolah tersebut bersumber dari dana yang digalang dari banyak donatur dari berbagai daerah di Indonesia. Pembangunan sekolah tersebut memakan waktu lima bulan. "Berdiri atas kebersamaan dan solidaritas. Kami berharap bisa terus berlanjut dan bersinergi terus menerus dan menghasilkan kader-kader ilmuwan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara", Pungkas Agung. (Radar Banyumas, edisi Sabtu Pahing 24 Maret 2012)

Sejak peletakan batu pertama pembangunan SD Umbulharjo II pada Jumat, 29 Juli 2011 lalu, kini di tanah seluas 1,3 hektar telah berdiri bangunan sekolah dua lantai yang akan dimanfaatkan oleh siswa-siswi SD Umbulharjo II, Cangkringan, Sleman, Selasa (20/3/2012).

Pembangunan sekolah ini merupakan kepedulian dari beberapa mitra Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dalam program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca erupsi Merapi tahun 2010 dibidang pendidikan.

Direktur Utama PKPU Agung Notowiguno mengatakan, bangunan dua lantai dengan luas 620 meter persegi ini mungkin tak jauh berbeda dengan sekolah yang lain tapi yang membedakannya adalah proses merealisasikannya merupakan hasil dari kerjasama dan kepedulian masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Untuk pembangunan SD Umbulharjo II ini, PKPU berhasil menghimpun dana sebesar Rp 1.525.200.000. Dana tersebut dihimpun dari beberapa donatur mulai dari perusahaan, komunitas warga Indonesia di luar negeri, dan komunitas tabung peduli PKPU.

“Selain itu, proses pembangunan sekolah ini menjadi nilai yang luar biasa bagi siswa, karena didalamnya terdapat nilai kepedulian dan ini dapat dijadikan sebuah pelajaran bagi siswa. Pembangunan sekolah ini juga melibatkan peran dari KUMM Batako binaan PKPU dimana batako yang dihasilkan oleh anggota kelompok dibeli untuk membangun sekolah,” lanjut Agung.

Sementara itu, Bupati Sleman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda dr. Sunartono, M.Kes menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar PKPU dan donatur yang telah membantu masyarakat dan pemkab Sleman dalam membangun sarana pendidikan di wilayah Cangkringan khususnya.

“Dengan telah diresmikannya SD ini tentunya akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi peserta didik yang sebelumnnya harus mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di shelter. Dengan sarana pendidikan yang baru ini diharapkan anak-anak peserta didik dapat terpacu untuk mengukir prestasi yang lebih baik,” ujarnya.

Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX sebelum meresmikan SD Umbulharjo II menyampaikan pesan tertulis Gubernur DIY yang berisi tentang pentingnya merawat sarana prasarana pendidikan dan segera memanfaatkan ruangan untuk kegiatan belajar mengajar.

“Setelah diresmikan nanti, sarana dan prasarana gedung SD diharapkan dapat segera dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar bagi siswa dan guru,” ujarnya. Beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PKPU dan para donatur yang telah menghimpun dana serta merealisasikan pembangunan sekolah ini.

Setelah menyampaikan sambutannya, wakil gubernur selanjutnya menandatangani prasasti disaksikan oleh Dirut PKPU, Sekda Kabpaten Sleman, Kepala SD Umbuharjo II, dan perwakilan donatur. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita dan penijauan ruang sekolah.

Selain membangun sarana ruang kelas, PKPU juga menyerahkan bantuan sarana belajar mengajar seperti meja dan kursi sebanyak 135 set, lemari kelas, lemari perpustakaan beserta 500 paket buku bacaan, dan lima unit komputer dan satu printer untuk laboratorium komputer sekolah dengan total nilai bantuan Rp 113.025.000,-

Kepala SD Umbulharjo II, Nunuk Kistyawatim S.Pd menyambut gembira dengan peresmian dan penyerahan bangunan sekolah tersebut. “Saya harapkan saat ujian nasional, ruang kelas itu sudah bisa dipakai, sehingga mereka bisa lebih konsentrasi belajar tuk hadapi soal ujian. Semoga nanti sekolah ini walaupun di gunung, saya berharap suatu saat kualitas itu tidak kalah dengan kota,” ungkap Nunuk. (PKPU/Solihin/Yogyakarta)

Untuk Dokumentasi Foto dapat dilihat di : http://pkpupurwokerto.blogspot.com/2012/04/dokumentasi-foto-peresmian-sdn.html
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger