Home » , » PKPU Resmikan Jamban Sehat di Banjarnegara

PKPU Resmikan Jamban Sehat di Banjarnegara


 
Pkpu Purwokerto - PKPU bekerjasama dengan Bapak Yanoe dari Majelis Taklim Ulul Albab PT Rekayasa Industri ,selaku  donatur PKPU menggelar acara peresmian “Jamban Sehat”, di Desa Brengkok Dusun Cangkring Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Kamis (28/3/2013) mulai pukul 16.00 WIB.
 
Warga desa beramai-ramai hadir dan terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga usai. Peresmian Jamban Sehat juga dihadiri oleh Kepala Dusun Cangkring Desa Brengkok Bapak Joko Purnomo, Ketua RT 7, dan Kaur Agama serta tim Penyuluh PKPU yang juga akan mengisi penyuluhan berkenaan dengan pengelolaan Jamban serta PHBS untuk masyarakat.

Peresmian jamban sehat ini merupakan implementasi dari program 1000 Jamban. Seribu Jamban adalah sebuah program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (Hygiene Sanitation)  berbasis masyarakat serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan. Peningkatan kesadaran masyarakat dilakukan dengan edutainment, edukasi yang menarik sehingga masyarakat mudah untuk menangkap pesan STOP BABS  (Buang Air Besar Sembarangan). Hingga pada akhirnya,  diharapkan dapat terbentuk sustainability dari program dengan terbentuknya Komunitas HIJAU (Hidup mandirI Juga sAdar lingkUngan). Tahapan Pembangunan dimulai  dengan Assesment dan Base Line Survey untuk menentukan titik lokasi , Rembug Warga, hingga berakhir pada peresmian dan edukasi bagi masyarakat

 Dalam kesempatan itu, PKPU yang diwakili oleh Khoirul Khotim, Kabid Keuangan PKPU KCP Purwokerto dalam sambutannya  menyampaikan kepada warga untuk senantiasa menjaga fasilitas jamban yang diberikan, sebab jika tidak dirawat maka akan muncul sumber penyakit yang tentunya akan merugikan warga juga.

“Membuat sesuatu adalah hal yang mudah, tapi bagaimana menggunakan dan merawat fasilitas terkadang sangat sulit dilakukan. Terlebih lagi bila masih ada kurang kepedulian kita untuk menjaga fasilitas yang diberikan,” jelas Subchanto, Ketua Pelaksana Program Pembangunan Jamban Sehat.

Subchanto juga mengucapkan terima kasih kepada PKPU dan donatur yang telah berperan aktif memberikan bantuan kepada warga desa Brengkok. Selanjutnya, program 1000 Jamban ini akan terus berjalan di daerah lain yang membutuhkan. Semoga program ini dapat menjadi kontribusi nyata dalam menciptakan sehatnya keluarga Indonesia ( Pri )


Share this article :

1 comment:

  1. Kangen ngopi bareng+main liga ps sama mas joko purnomo.....sue ra ketemu

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger