Home » » 61 Anak Mengalami Gigi Karies dari 62 Anak yang Diperiksa

61 Anak Mengalami Gigi Karies dari 62 Anak yang Diperiksa



PAUD Mugi Rahayu dan TK Pertiwi Desa Petir Kecamatan Kalibagor, Banyumas, menjadi ramai saat acara Penyuluhan dan Pemeriksaan Gigi Gratis dimulai. Acara yang dimulai pukul 08.30 WIB ini diawali dengan penyuluhan singkat tentang cara merawat gigi yang baik dan benar oleh drg. Anggriani. Selanjutnya siswa PAUD dan TK yang berjumlah sekitar 70 anak diperiksa satu per satu oleh drg. Anggriani untuk mengetahui jumlah dan kondisi gigi mereka. Beberapa anak menangis dan tak mau diperiksa lantaran takut, sehingga total anak yang diperiksa sejumlah 62 anak.

Yang mengejutkan, dari hasil pemeriksaan, ditemukan bahwa 61 anak mengalami gigi karies (gripis-red) dari 62 anak yang diperiksa. Itu artinya, hanya 1 anak yang kondisi giginya baik. Hal ini mencerminkan bahwa sebagian besar anak-anak di Desa Petir masih kurang dalam hal perawatan gigi. Namun drg. Anggriani mengungkapkan bahwa hal ini masih tergolong wajar, mengingat sebagian besar anak-anak memang menyukai makanan manis dan tidak terbiasa menggosok gigi sehingga menyebabkan gigi mudah mengalami karies. Oleh karena itu, dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan ini diharapkan anak-anak teredukasi untuk merawat giginya dengan baik dan tidak takut lagi untuk periksa ke dokter gigi.


Di penghujung acara, anak-anakpun bergembira dengan adanya pembagian paket makanan tambahan yang diberikan oleh PKPU. Selain itu, drg. Anggriani juga secara khusus memberikan paket perawatan gigi kepada guru-guru PAUD dan TK, serta buku-buku penunjang kegiatan belajar PAUD dan TK tersebut.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger