Home » » Vaiq dan Tanjakan Masa Depannya

Vaiq dan Tanjakan Masa Depannya


Vaiqoturrokhmah
Saat itu siang menjelang sore saat Tim PKPU menyambangi rumah sederhana Vaiqoturrokhmah, nama lengkap Vaiq,  yang berada di Dusun Peterongan, Desa Panusupan, sekitar 8,5 km dari pusat Kecamatan Cilongok, Banyumas. Kesan siswi rajin pun langsung terlihat, karena saat kami temui ia tengah mengerjakan tugas sekolah—padahal itu adalah hari pertamanya masuk sekolah setelah libur UN. Vaiq memang siswi berprestasi di sekolahnya, SMPN 1 Cilongok. Semester kemarin, ia menduduki peringkat 2 di kelasnya.

Gadis hitam-manis berusia 14 tahun ini adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara. Kakaknya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sedangkan adiknya masih balita. Kedua orang tuanya hanya buruh tani dan pembuat gula jawa. Ia pun terkadang membantu memasak gula jawa karena ibunya bekerja di sawah dari pagi hingga sore hari. Karena keterbatasan ekonomilah, setiap hari ia hanya mendapat uang saku sebesar 5000 rupiah, padahal ia harus menyisihkan sebesar 4000 dari uang sakunya itu untuk pulang-pergi naik angkudes. Belum lagi, setiap hari ia harus meneruskan perjalanan ke rumahnya dengan berjalan kaki sejauh sekitar 1,5 km, dengan kondisi jalan menanjak tajam di hampir sepanjang perjalanan. Hal itu terjadi karena angkudes hanya melewati jalan menuju rumahnya pada pagi hari, itu pun lebih sering absen, sehingga Vaiq juga lebih sering harus berjalan kaki baik berangkat maupun pulang sekolah untuk menuju pangkalan angkudes. Boro-boro bisa ngojek, uang sakunya saja hanya tersisa 1000 rupiah, padahal di sekolah ia juga butuh membeli makanan.
Saat ditanya apakah ia nanti akan meneruskan ke SMA atau tidak, ia mengaku bingung, karena ia sadar dengan keterbatasan ekonomi keluarganya. Namun saat ditanya cita-citanya, ia mengaku ingin menjadi Guru Matematika, karena ia memang sangat menyukai pelajaran tersebut. Di Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2013 ini, Vaiq pun memiliki harapan. “Semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkualitas dan tidak ada demo dari pelajar lagi, aamiin,” begitu tuturnya.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger