Home » , » Qurban Mengajarkan Kita untuk Berbagi

Qurban Mengajarkan Kita untuk Berbagi

 
 
Qurban tinggal menghitung hari, hampir semua umat muslim yang mempunyai penghasilan yang cukup, sedang mempersiapkan keuangannya untuk bisa membeli hewan qurban. Tapi, jika kita berfikir sejenak, apakah nanti daging hewan qurban hanya akan dinikmati oleh lingkungan yang disana banyak orang berqurban bahkan kita bingung bagaimana bisa menghabiskan daging qurban yang menumpuk tersebut.

Tentu kita mau hal itu terjadi, qurban adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT, dengan kita berqurban diharapkan saudara - saudara kita yang lain bisa ikut merasakan nikmatnya daging.

Seperti Desa Pekuncen merupakan salah satu desa di wilayah Kecamatan Jatilawang. Desa ini berbatasan dengan Desa Margasana. Desa Pekuncen memilik kontur wilayah yang berbukit-bukit. Wilayah dengan kontur berbukit-bukit inilah yang sering mengalami kekeringan apabila musim kemarau tiba.
 

Desa Pekuncen terbagi menjadi 5 RW, dengan jumlah KK sebanyak 1500 KK. RW 4 dan RW 5 terletak di wilayah yang berbukit-bukit. Sebagian besar warga dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah. Untuk pendidikan, sebagian besar warga Desa Pekuncen hanya sampai tingkat SD dan SMP. Mereka yang bersekolah hingga tingkat SMA/SMK hanya dari golongan menengah ke atas. Mayoritas warga Desa Pekuncen masih menganut paham Islam kejawen. Hal ini menyebabkan intensitas warga melakukan ibadah qurban menjadi rendah. Jikapun ada yang berqurban, pembagiannya cenderung tidak merata. Di salah satu dusun di desa ini yaitu Dusun Kalilirip, jika ada yang berqurban rata-rata hanya ada 3-4 ekor kambing untuk satu dusun. Itupun sudah termasuk daging qurban pemberian dari sekolah yang ada di sana, seperti SMK Karya Teknologi.
 

Desa Pekuncen merupakan salah satu gambaran daerah yang jarang tersentuh program qurban. Melalui program Sebar Qurban Nusantara (SQN) PKPU mengajak para sahabat peduli untuk ikut berparsitipasi dalam program ini. Tak sekedar daging qurban, namun inilah bentuk kepedulian yang selalu dinantikan oleh saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama. saatnya kita wujudkan kebahagiaan mereka dengan berbagi kepedulian.
____________________________________________________________
Info Qurban Hubungi PKPU Purwokerto :
Jl. Letjendpol. Soemarto Gg Tampomas RT 3/1 Purwanegara

WhatsApp : 0869 5702 3439
Hotline : 0281 627 622
BBM : 576A74A7

Harga Hewan Qurban :
Sapi : Rp. 14.000.000
1/7 Sapi : Rp. 2.000.000
Kambing/Domba : Rp. 2.100.000

#qurbanisasi #pkpu #pkpupurwokerto


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger