Home » , , » LAZIS PT PLN (Persero) Purwokerto Adakan Pengobatan Keliling

LAZIS PT PLN (Persero) Purwokerto Adakan Pengobatan Keliling


Di penghujung tahun ini LAZIS PT PLN (Persero) TJBT Purwokerto kembali menggandeng PKPU untuk menyalurkan bantuan dalam bentuk program pengobatan gratis. Program yang lebih dikenal dengan sebutan Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) ini dilaksanakan di dua tempat, yakni Pondok Pesantren 'Ainul Yaqin Pasir Kulon, Purwokerto dan di Balai Desa Karangjengkol, Kesugihan, Cilacap. Dua tempat ini dipilih sebagai bentuk kepedulian dari LAZIS PT PLN kepada institusi keagamaan seperti pondok pesantren dan masyarakat desa yang menjadi wilayah penempatan SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi).


Prosmiling di Ponpes 'Ainul Yaqin dilaksanakan pada Jum'at, 16 Desember 2016 di aula santri putri. Prosmiling ini menyasar para santri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan umum dan cek ketajaman mata. Selain itu, warga sekitar ponpes juga dipersilakan untuk ikut pemeriksaan secara cuma-cuma. Bagi santri maupun masyarakat yang memiliki keluhan atau ingin berkonsultasi mengenai kesehatannya dapat langsung mendaftarkan diri untuk cek kesehatan umum. Kemudian, semua santri Ponpes 'Ainul Yaqin dan perwakilan santri dari ponpes lain di sekitarnya juga dipersilakan untuk melakukan cek ketajaman mata. Adapun bagi santri yang diketahui mengalami rabun jauh (mata minus) akan mendapatkan kacamata secara gratis.


Terhitung sebanyak hampir 60 orang santri dan warga sekitar berpartisipasi dalam kegiatan ini. Rata-rata dari mereka membawa keluhan gatal-gatal. Dokter pun memberikan resep sesuai dengan hasil diagnosanya dan santri maupun warga mendapatkan obat secara gratis. Sementara itu, untuk hasil cek ketajaman mata, sebanyak 32 santri dinyatakan mengalami rabun jauh dengan tingkat yang berbeda-beda. Oleh karena itu mereka diperkenankan memilih model frame kacamata sebelum petugas optik membuatnya untuk masing-masing. Adapun penyerahan bantuan kacamata ini dilakukan pada Rabu, 21 Desember 2016 oleh perwakilan LAZIS PT PLN (Persero) TJBT Purwokerto kepada perwakilan santri.


Untuk Prosmiling di Desa Karangjengkol, Kesugihan, Cilacap dilaksanakan di balai desa pada Jumat, 22 Desember 2016. Dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat gratis bagi warga yang datang membawa keluhan. Adapun pemeriksaan kesehatan ini dilengkapi dengan cek darah untuk mengetahui kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol. Setelah melakukan cek darah, warga dapat mengkonsultasikan hasilnya dengan dokter. Selain itu, LAZIS PT PLN juga memberikan 50 paket PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita di Desa Karangjengkol. Paket ini berisi susu UHT, biskuit susu, agar-agar, dan bahan-bahan membuat bubur kacang hijau seperti gula, santan, dan kacang hijau itu sendiri.




Terhitung sebanyak 176 warga antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang terdiri dari 126 warga melakukan pemeriksaan kesehatan dan 50 warga mendapat paket PMT untuk balita. Mereka datang dari berbagai grumbul di Desa Karangjengkol. Sebagian besar yang memeriksakan kesehatan merupakan wanita berusia lanjut. Mereka datang dengan berbagai keluhan, rata-rata mengeluh sering pusing dan pegal.


LAZIS PT PLN (Persero) yang diwakili oleh Manajer APP Purwokerto mengucapkan terima kasih atas antusiasme pihak desa dan para warga dalam menyediakan waktu dan tempat untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap Desa Karangjengkol yang selama ini menjadi tempat berdirinya SUTET milik PT PLN. (nena/pkpu/pwt)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger