Home » , » KSM Jamur Binaan PKPU Purwokerto Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur

KSM Jamur Binaan PKPU Purwokerto Ikuti Pelatihan Budidaya Jamur


PKPU PWT - Purwokerto, Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota dalam budidaya jamur, pada hari Minggu 11 Juli 2010, seluruh anggota kelompok KSM Jamur Wanita Sejahtera yang selama ini dibina PKPU Purwokerto mengikuti pelatihan budidaya Jamur yang merupakan hasil kerjasama antara KSM dengan salah seorang Pengusaha Jamur Tiram Purwokerto, Bapak Hadiono. Pengusaha yang juga berprofesi sebagai direktur BPRS Artha Leksana ini dengan amat telaten menjelaskan satu persatu tahapan untuk membuat adonan jamur, memasukkannya dalam baglog dan teknik penyimpanannya. Semua itu disampaikan agar tingkat kegagalan yang mungkin terjadi bisa diminimalisasi.

" Selama ini kami belum tahu bagaimana mengurangi resiko kegagalan dan teknik agar jamur yang dihasilkan bisa besar-besar dan putih. Alhamdulillah setelah mengikuti pelatihan ini, kami jadi tahu takaran yang pas dan bahan kayu apa yang bagus untuk digunakan sebagai bahan baku jamur ", jelas Muryati, Ketua KSM Wanita Sejahtera sekaligus penggagas acara pelatihan ini.

KSM jamur Wanita Sejahtera adalah KSM yang baru saja dibentuk PKPU Purwokerto pada awal Juni yang lalu. Selama ini, para anggotanya memang telah memproduksi jamur dalam skala kecil. Mengingat selama ini mereka hanya bergerak dalam bidang budidaya, PKPU mencoba untuk membuat alternatif kegiatannya dengan memfokuskan kegiatan KSM ini pada makanan olahan jamur. Alhamdulillah, respon konsumen cukup bagus. Hasil ujicoba kripik jamur dan Stick Jamur selalu habis di pasaran, bahkan mereka sedikit kesulitan memenuhi permintaan konsumen karena pasokan jamur yang terbatas. Selama ini mereka hanya mendapatkan jamur dalam jumlah yang sedikit karena para pengusaha tidak mau menjual dalam partai kecil kepada mereka. Hal itulah yang menjadi alasan mereka berlatih budidaya jamur dalam rangka memproduksi sendiri pasokan jamur yang dibutuhkan.

" Kami berterima kasih kepda PKPU dan PT Loka Adya Kencana yang telah berkenan untuk memberikan bantuan modal kepada kami. Insya Allah kami optimis usaha ini akan berjalan dengan baik. Dalam waktu dekat ini kami tengah berupaya untuk mengolah jamur menjadi sosis dan es krim. Mudah-mudahan mendapatkan respon yang sama seperti halnya kripik jamur dan jamur " kriuuk " yang kami produksi", tambah Muryati ( Pri )

Tertarik dengan Kripik Jamur ini ? Hubungi
PKPU KCP Purwokerto
Jl. Letjen Pol Soemarto RT 003/01 Purwanegara (0281) 795 8080 , 798 1300
atau hubungi
Indra ( 081327943137 )
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger