Home » , » Bantuan ke Mentawai Berdatangan

Bantuan ke Mentawai Berdatangan


PADANG - Paska gempa 7,2 skala richter yang menguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, bantuan mulai berdatangan. Barang-barang bantuan itu seperti tenda posko, dapur umur, beras, mi instan, selimut, tikar, dan alat kebersihan.

Bantuan diberangkatkan menggunakan Kapal Pengangkut Semen Bahtera Jaya I dari Pelabuhan Teluk Bayur, Kota Padang, Rabu (27/10/2010) pukul 18.00 WIB. Untuk gempa di Mentawai, PKPU mengerahkan 12 relawan tim rescue.

Bantuan tersebut diperkirakan tiba di Pelabuhan Sikakap, Pulau Pagai Selatan, Kamis pagi (28/10/2010) ini. "Ini merupakan bantuan yang pertama dikirimkan," ujar Nasyirwan, staf Kantor Admintrator Pelabuhan Teluk Bayur kepada media.

Sekitar 300 relawan juga diberangkatkan dari Teluk Bayur. Selain dengan Bahtera Jaya, relawan juga diangkut dengan dengan Kapal Negara Muci. Para relawan bertugas memberi bantuan pertama pada korban, seperti dirikan tenda dan evakuasi jenazah.

Namun terutama menggali informasi tentang kebutuhan pengungsi. “Kami hanya tim perintis, bantuan berikutnya akan lebih besar,” kata Kasman, staf pendayagunaan PKPU Padang sesaat sebelum keberangkatan.

Berdasar data sementara Pusat Pengendalian Operasi Badan Bencana Sumatera Barat, tsunami telah menewaskan 300 orang. Sementara 500 lainnya bahkan lebih masih terus dicari. Korban luka berat mencapai 15 orang dan luka ringan 22 orang. Selain itu, sebanyak 4000 keluarga masih berada di pengungsian.

Bagi masyarakat Banyumas dan sekitarnya yang ingin membantu para korban bencana, bisa menyalurkan bantuannya melalui PKPU “Peduli Bencana Nasional” di Rek. Bank Muammalat PWT 921 08123 99 a.n pkpu pwt

Untuk informasi kerjasama perusahaan, dapat mengontak PKPU KCP Purwokerto di nomor (0281)7958080

www.pkpu.or.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger