Home » , , » Gunung Slamet Erupsi, Tim Rescue PKPU Awali dengan Pembagian 500 Masker

Gunung Slamet Erupsi, Tim Rescue PKPU Awali dengan Pembagian 500 Masker

PKPU Purwokerto - Sampai saat ini (17 September 2014/14.15 WIB) sudah terdengar tiga kali dentuman dari Gunung Slamet. Dentuman kali ini disertai dengan erupsi lava pijar sebanyak 5 kali yang kemudian membakar hutan di wilayah atas Purbalingga. Kekuatan letusan cukup kuat hingga terpantau di seismik tektonik. Awan panas juga terpantau dari wilayah Guci, Pemalang, menuruni lereng gunung.

Awan panas yang keluar dari Gunung Slamet (terpantau dari wilayah Guci, Pemalang, Jawa Tengah)
Sumber: dokumentasi Eko PKPU

Berdasarkan info dari pos pemantauan Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, saat ini di sana telah terjadi hujan pasir tipis. Sebagai langkah antisipasi awal, siang ini PKPU Purwokerto telah memberangkatkan satu tenaga rescue dan 3 orang relawan ke Desa Melung untuk membagikan masker sebanyak 500 buah. Pembagian masker ini ditujukan untuk melindungi warga dari gangguan pernapasan akibat udara yang tercemar pasir dan abu vulkanik. Berdasarkan keterangan yang didapat, saat ini arah angin mengarah ke wilayah Purwokerto. Oleh karena itu warga Purwokerto diharap waspada terhadap kemungkinan dampak erupsi yang akan terjadi.

Warga Desa Melung dibimbing memakai masker
Sumber: dokumentasi Fuad PKPU

Selanjutnya tim rescue PKPU akan terus memantau aktivitas Gunung Slamet melalui pos-pos pemantauan yang tersebar di beberapa desa di Purwokerto, untuk kemudian melakukan langkah penanganan sesuai dengan perkembangan yang terjadi. (Nena/Pwt)

Galeri Foto :
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger