Home » , » Sejahtera Bersama KUMM "KSM Sejahtera" Mangunjaya

Sejahtera Bersama KUMM "KSM Sejahtera" Mangunjaya

Kamis, 15 Januari 2015 kemarin, sebanyak dua Komunitas Usaha Mikro Mandiri (KUMM) "KSM Sejahtera" bentukan PKPU di daerah Mangunjaya, Purwokerto, mengadakan pertemuan awal tahun, sekaligus perguliran modal kembali. Sebanyak kurang lebih 15 anggota kelompok datang menghadiri pertemuan tersebut. Mereka adalah para ibu yang memiliki aneka usaha mikro di kawasan sekitar. Mulai dari pedagang kaki lima, penjual rames, hingga pemilik salon.



Acara dimulai pukul 16.30 bertempat di rumah koordinator KSM, Ibu Evi Surantono. Untuk periode semester pertama tahun ini, KSM Sejahtera 1 mendapat guliran dana sebesar 1.100.000 per orang, sedangkan KSM Sejahtera 2 mendapat guliran dana sebesar 600.000 per orang. Jumlah itu merupakan jumlah guliran dana yang sudah dikelola sejak tahun 2013 untuk KSM Sejahtera 1, dan tahun 2014 untuk KSM Sejahtera 2.

 Sistem pengembalian lewat cicilan yang tidak dikenai bunga ini menjadikan para anggota merasa nyaman menjadi anggota KSM Sejahtera. Pengembalian memang ditentukan lebih besar dari guliran dana yang diterima, tetapi jumlah kelebihan itu dihitung sebagai tabungan masing-masing anggota. Selain berlatih menabung, para anggota juga diajak berlatih berinfaq melalui Tabung Peduli PKPU yang dipegang oleh masing-masing anggota. Pada setiap jatuh tempo pengembalian, infaq dari tabung peduli akan dikumpulkan dan digunakan untuk kegiatan santunan. Untuk awal tahun ini, perolehan tabung peduli digunakan untuk menyantuni 11 orang janda. Para anggota pun merasa senang, meskipun mereka bukan dari kalangan ekonomi menengah ke atas, tetapi mereka tetap bisa bersedekah membantu orang lain yang sama-sama membutuhkan.





Program KUMM ini memang merupakan program PKPU di bidang ekonomi, yang bertujuan membangun kemandirian masyarakat melalui penghidupan usaha-usaha mikro. Program ini diharapkan dapat menjadi ajang pemberdayaan dan solusi bagi pengembangan usaha mikro yang banyak dijalankan masyarakat. (nena/pwt)

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger