Home » , , » Ibu-ibu di Notog Patikraja Mengikuti Pelatihan Pembuatan Asesoris Wanita

Ibu-ibu di Notog Patikraja Mengikuti Pelatihan Pembuatan Asesoris Wanita

Foto bersama komunitas ibu-ibu Kalirajut, Notog, Patikraja
Dewasa ini banyak ibu rumah tangga yang sering mengeluhkan ingin mengisi waktu luangnya dengan kegiatan bermanfaat, salah satunya untuk menambah penghasilan keluarga. Begitu juga dengan komunitas ibu-ibu yang tinggal di wilayah Kalirajut, Desa Notog, Kecamatan Patikraja, Banyumas. Mereka mengaku ingin mengisi waktu luang mereka dengan suatu kegiatan untuk membantu perekonomian keluarga. Bersama Ibu Arum yang berprofesi sebagai pegawai di Komisi Pelayananan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Purwokerto, PKPU Purwokerto berusaha memfasilitasi keinginan mereka untuk bisa mendapatkan keterampilan yang bermanfaat. Pelatihan pembuatan asesoris wanita dipilih karena kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja, dan dengan modal yang relatif murah namun keuntungannya lumayan, sehingga cocok bagi para ibu rumah tangga.

Pengenalan alat dan bahan
Pelatihan ini diadakan Hari Minggu, 15 Februari 2015, di rumah salah satu warga. Sebanyak kurang lebih 15 orang mengikuti pelatihan yang dipandu langsung oleh tim PKPU. Adapun asesoris yang dibuat adalah bross hijab yang saat ini sedang trend di pasaran. Pertama-tama para ibu dikenalkan dengan berbagai macam alat dan bahannya, kemudian mereka dilatih membuat berbagai kreasi dari pita, kain, dan manik-manik yang disediakan oleh PKPU. Para ibu pun sangat menikmati setiap langkah pembuatan kreasi tersebut, masing-masing sibuk dengan berbagai bahan dengan warna pilihan masing-masing. Selama kurang lebih 1,5 jam mereka asyik berkutat dengan berbagai alat dan bahan hingga akhirnya menghasilkan kreasi-kreasi bross hijab yang cantik. Satu buah bross kemudian dapat dijual di pasaran dengan kisaran harga Rp 15.000,-.

Para ibu asyik berlatih membuat kreasi masing-masing
Hasil kreasi bross hijab para ibu peserta pelatihan
Ibu Sabar, selaku koordinator ibu-ibu sekaligus pemilik rumah yang dipilih sebagai tempat pelatihan mengungkapkan rasa terima kasihnya karena para ibu di wilayah Kalirajut dapat menambah keterampilan untuk menambah penghasilan. Selanjutnya alat dan bahan diserahkan kepada beliau agar dapat dimanfaatkan bersama komunitas ibu-ibu di sekitarnya. (nena/pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger