Home » , , , » Menjadi Pedagang yang Jujur

Menjadi Pedagang yang Jujur

Jujur adalah sifat yang harus dimiliki setiap orang, tak terkecuali bagi pedagang. Apalagi, saat ini kejujuran menjadi salah satu poin service excellent dari pedagang kepada pembeli. Seperti halnya yang disampaikan oleh Ibu Fajar Riris kepada para ibu-ibu anggota KUMM Amanah, Jum'at pekan lalu, 18 November 2016. Kali ini para anggota KUMM Amanah mendapatkan materi tentang sifat jujur dalam pertemuan rutin dwi mingguan. Bu Riris, begitu sang narasumber kerap disapa, menyampaikan tentang Rasulullah SAW sebagai teladan kita dalam hal kejujuran. Apalagi, jujur atau siddiq merupakan salah satu sifat beliau. Dalam hal apapun beliau selalu jujur, termasuk berdagang. Bahkan, beliau tak segan menyampaikan harga modal dagangannya dan menyerahkan kepada pembeli untuk menentukan sendiri laba yang akan diberikan kepada beliau. Masya Alloh.

Bu Riris juga menekankan kepada ibu-ibu anggota KUMM Amanah untuk menghindari menggunakan trik yang mengandung unsur kebohongan untuk merayu calon pembeli. Contohnya mengatakan kepada calon pembeli bahwa sebelumnya ada calon pembeli lain yang menawar dengan harga lebih mahal dari tawaran calon pembeli tersebut, padahal sebelumnya belum ada satupun calon pembeli yang menawar. Selain itu, pedagang juga sangat dilarang mengurangi timbangan, karena itu termasuk kebohongan. Sehalus apapun trik-trik yang digunakan, Bu Riris sangat menegaskan untuk tidak menggunakannya. Karena hal itu dapat menghambat kelancaran rezeki si penjual dan tentunya mengurangi keberkahannya.

Berikut rangkuman materinya kami sajikan untuk pembaca setia blog PKPU Purwokerto.

- JUJUR -

Makna jujur:
1. Perkataan sama dengan perbuatan
2. Informasi sama dengan kenyataan
3. Ada ketegasan dan kemantapan hati
4. Sesuatu yang baik tanpa adanya kedustaan

Hikmah jujur:
1. Membuat hati tenang
2. Mendapat kemudahan dalam hidup
3. Selamat dari azab Alloh dan bahaya yang dapat menimpa
4. Dijamin masuk surga
5. Dicintai oleh Alloh dan rasul-Nya

Manfaat jujur:
1. Dipercaya
2. Disayang
3. Diberi kemudahan

Contoh jujur:
1. Menyimpan rahasia
2. Jujur dalam mencari nafkah
3. Memegang amanah

Semoga kita dapat menerapkan sifat jujur dalam kehidupan kita sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. (nena/pkpu/pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger