Home » , » Rohingya dan Kepedulian Kita

Rohingya dan Kepedulian Kita

Tanggal 9 Oktober lalu konflik berdarah kembali dialami oleh Suku Rohingya di Distrik  Maungdaw Utara, Rakhine State, setelah 4 tahun yang lalu mereka mengalami situasi yg sama masih di negara bagian yang sama. Bahkan penderitaan mereka saat ini jauh lebih parah. Tentara Myanmar mengerahkan pasukan bersenjata lengkap didukung dengan kendaraan perang baik darat maupun udara. Dengan dalih utk membasmi militan yang menyerang pos militer.


Sebagaimana penulis saksikan secara langsung ketika konflik awal terjadi pada tahun 2012, penindasan dan diskriminasi yang mereka alami dilakukan secara sistematis baik dalam hubungannya dengan urusan kewarganegaraan yang tidak diakui sejak Jendral Ne Win berkuasa hingga konflik secara horisontal yang menyebabkan mereka harus terusir dari tempat tinggalnya dan tidak sedikit diantara mereka harus menyabung nyawa melintasi samudera untuk menyelamatkan masa depannya.

Siapa pun kita, atas dasar kemanusiaan pasti merasakan  pedihnya penderitaan mereka. Banyak diantaranya masyarakat baik Indonesia maupun belahan dunia lainnya mengulurkan bantuan untuk mereka. Mereka berlomba untuk memberikan terbaik yang mereka bisa lakukan, baik finansial, doa bahkan menjadi relawan kemanusiaan yang terjun langsung menyalurkan bantuan kepada mereka. 

Tapi saudaraku, perjalanan masih panjang untuk mengurangi beban penderitaan mereka. Perlu mengatur nafas dan energi agar semangat dan daya tahan kita utk membantu mereka dapat berjangka panjang dan berkelanjutan. Dan tidak harus menunggu momentum saat kritis mereka. 

Pengalaman PKPU selama 4 tahun (2012- sekarang) mendampingi mereka di wilayah pusat konflik pertama di Kota Sitwe, Rakhine State memberikan pengalaman berharga bahwa bantuan untuk mereka tidak cukup hanya pada fase darurat saja tetapi juga pada fase recovery, agar mereka dapat bertahan di pengungsian dg sarana serba terbatas. Faktanya, bantuan yg didistribusikan pun makin terbatas seiring makin "sepinya" pemberitaan tentang keadaan mereka. Maka keperluan untuk membangun kolaborasi & sinergi dengan berbagai pihak juga bagian dari strategi untuk "memperpanjang nafas" mengurangi penderitaan saudara kita Rohingya. (Tomy, Pegiat Kemanusiaan PKPU, Nov 2016)                        



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger