Home » , , » PKPU Hibahkan 48 Ekor Kambing untuk Warga Relokasi Pagedongan-Banjarnegara

PKPU Hibahkan 48 Ekor Kambing untuk Warga Relokasi Pagedongan-Banjarnegara

Serah terima kambing dari PKPU kepada warga didampingi Bapak Catur Subandrio (Kepala BPBD Banjarenagara) dan Bapak Rusmanto (Kepala Desa Duren)
Sengatan sinar matahari di siang hari kemarin, Selasa, 22 Maret 2016 tak menyurutkan semangat warga Dusun Gondang Asri, Desa Duren, Kec. Pagedongan, Kab. Banjarnegara untuk menghadiri acara serah terima bantuan ternak kambing dari PKPU. Acara ini dikemas dengan tajuk "Launching Kampung Berdaya Relokasi Pagedongan Banjarnegara: Meningkatkan Kemandirian Warga dengan Ternak Kambing. Sebanyak 48 ekor kambing dihibahkan untuk diternakkan para warga. Sebuah kandang dengan ukuran yang cukup untuk menampung seluruh kambing tersebut juga sudah dibangun di dekat pemukiman warga.

Sambutan dari Bapak Catur Subandrio, S.Sos
Serah terima secara simbolis
Dalam sambutannya, Bapak Catur Subandrio, S.Sos. selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Banjarnegara mengucapkan terima kasih kepada PKPU atas bantuan yang telah diberikan. Beliau juga meminta para warga untuk dapat merawat dan mengembangbiakkan kambing tersebut dengan sebaik-baiknya. Selain itu, beliau juga menginstruksikan agar kelompok tani-ternak yang sudah terbentuk dapat menjalankan masing-masing tugasnya dengan penuh tanggung jawab, terutama mengenai jadwal pencarian pakan kambing. Perlu diketahui, warga Dusun Gondang Asri merupakan warga yang sebelumnya bertempat tinggal di area rawan tertimbun longsor di Desa Duren. Untuk mengantisipasi sebelum timbulnya korban longsor, BPBD bersama Pemerintah Daerah Kab. Purbalingga menginstruksikan warga untuk pindah ke wilayah lain yang lebih aman. Pemerintah pun menyediakan sebidang tanah berikut bangunan rumah layak huni lengkap dengan fasilitas umum berupa sumber air, masjid, dan pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Peresmian kandan dengan prosesi gunting pita
Suasana di dalam kandang
Foto bersama warga
Sementara itu, Bapak Khoirul Khotim selaku Kepala PKPU KCP Purwokerto mengungkapkan harapannya agar warga dapat benar-benar memanfaatkan bantuan ternak kambing ini dengan sebaik-baiknya. Beliau juga menyampaikan bahwa ke depannya, PKPU juga akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga terkait berbagai keterampilan dalam pemeliharaan hewan ternak. Ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan para warga agar mereka bukan hanya dapat memelihara kambing yang ada, tetapi juga mengembangbiakkan dan menjadikannya ladang usaha yang potensial untuk meningkatkan perekonomian warga. (nena/pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger