Home » , » Perdana: Arisan Jamban di Banteran Dikocok

Perdana: Arisan Jamban di Banteran Dikocok

Sosialisasi jamban sehat, aman, nyaman, dan murah
Sungguh bahagia hati Bu Chosimah. Selasa kemarin, 10 Mei 2015 bertempat di rumah Ketua Kelompok RW 3 penerima PKH Desa Banteran namanya keluar dari kocokan arisan jamban. Ini merupakan arisan jamban pertama, sehingga Bu Chosimah nantinya akan menjadi warga pertama yang membangun jamban di kelompok arisan jamban Desa Banteran. Kelompok arisan jamban Desa Banteran merupakan kelompok yang terbentuk pada bulan Maret 2016 hasil inisiasi pendamping PKH Desa Banteran, Kiki Marhendrie, bekerja sama dengan PKPU Purwokerto. Sebelumnya para warga diajak mengikuti kegiatan pemicuan yang disampaikan oleh tim PKPU Purwokerto untuk menghentikan perilaku BAB sembarangan.

Setelah pengocokan, ibu-ibu kelompok arisan jamban diberikan pengetahuan tentang jamban sehat dan bagaimana membangun jamban yang murah namun tetap aman dan nyaman. Anggota kelompok diharapkan memiliki mindset membangun jamban sehat tanpa harus mahal. Sehingga anggota kelompok dapat menggunakan anggaran Rp 1,2 juta yang terkumpul tersebut untuk membuat jamban yang sederhana namun tetap sehat, aman, dan nyaman digunakan.

Para anggota kelompok juga bersemangat untuk membangun jamban secara gotong royong. Apalagi para suami mereka sebagian merupakan buruh bangunan. Selain menghemat biaya, ini juga dapat menjadi momen untuk mempererat tali kekeluargaan di antara para anggota kelompok. (nena/pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger