Home » , , » Uniknya Buka Puasa Bersama Penerima PKH Desa Banteran

Uniknya Buka Puasa Bersama Penerima PKH Desa Banteran


Desa Banteran merupakan salah satu desa dengan penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) dalam jumlah besar. Dalam manajemennya, pendamping PKH desa ini, Kiki Marhendrie, berupaya untuk memberdayakan mereka dalam berbagai bentuk kelompok usaha. Kelompok usaha tersebut di antaranya dalam usaha produksi batu bata dan budidaya tanaman anggrek. Jadi, mereka bukan hanya menjadi penerima dana secara pasif, tetapi juga memberdayakan diri secara aktif. 

Selain berdaya secara ekonomi, Kiki juga berupaya agar mereka mandiri dalam pemenuhan kebutuhan dasar, salah satunya mengenai masalah kepemilikan jamban. Warga Desa Banteran memang banyak yang belum memiliki jamban dan lebih senang BAB di sungai atau tempat lain. Oleh karena itulah, bertemu dalam satu visi yang sama, Kiki bekerja sama dengan PKPU berupaya mengubah perilaku BAB sembarangan dalam program arisan jamban.

Dalam momen Ramadhan 1437 H ini, Kiki tak ketinggalan menyelenggarakan buka puasa bersama. Sebanyak lebih dari 400 orang mengikuti acara ini. Mereka terdiri dari 300 orang lebih penerima dana PKH dan sisanya merupakan pihak desa, PKPU, dan pihak-pihak terkait. Acara ini diselenggarakan di balai desa, diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Banteran, Camat Sumbang, dan dari Kiki Marhendrie sendiri. Yang unik dalam acara ini adalah menu buka puasa disajikan dalam bentuk tumpeng sebanyak 40 buah.

Selain berbuka puasa dengan menu yang unik, dalam acara ini tak lupa PKPU juga memberikan santunan kepada 19 anak yatim berupa paket alat tulis dan susu pertumbuhan yang merupakan donasi dari Kalbe Nutritionals Purwokerto. (nena/pkpu/pwt)
Share this article :

3 comments:

  1. Memang PKH Banteran luar biasa ....

    ReplyDelete
  2. Memang PKH Banteran luar biasa ....

    ReplyDelete
  3. thank you atas informasinya, bisa juga mampir ke blog mengenai pinjaman online jika berkenan, terima kasih

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger