Home » , , » Pendampingan KUMM Amanah Triwulan II

Pendampingan KUMM Amanah Triwulan II



Komunitas Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM) Amanah telah berjalan selama 3 bulan, terhitung sejak bulan September 2015. KUMM yang berlokasi di Kelurahan Kober, Kec. Purwokerto Barat ini beranggotakan 5 orang pemilik usaha mikro. Program ini merupakan program kerja sama PKPU Purwokerto dengan Lazis PT PLN (Persero) P3B JB APP Purwokerto.


Untuk membimbing para anggota, dilakukan pendampingan. Pendampingan dilaksanakan melalui pertemuan rutin setiap pekan. Adapun jadwal pertemuan yaitu setiap Hari Jum’at Pukul 13.30 WIB di Masjid Al-Falah Perum Saga Baru, Kober. Namun karena alasan teknis dan usulan para anggota, jadwal pertemuan diubah setiap 2 pekan sekali, terhitung mulai Bulan November 2015. Di setiap pertemuan para anggota diajak untuk berdiskusi mengenai berbagai materi, baik materi yang bersifat ekonomi maupun keislaman. Materi yang telah disampaikan yaitu Pedoman Dasar Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Kejujuran, Pengaturan Ekonomi Rumah Tangga, dan Pengantar Ekonomi Islam.

Ibu Sri Lestari, salah satu anggota KUMM Amanah yang memiliki usaha rames


Pendampingan pekanan
Pada kesempatan kali ini PKPU telah melaksanakan Home Visit atau kunjungan rumah ke salah satu anggota, yaitu Ibu Fatonah (biasa disapa Ibu Kasiran). Ibu Fatonah memiliki usaha berupa jualan sayur keliling. Setiap jam 3 dini hari, ia sudah siap untuk berbelanja berbagai sayuran sebagai bahan jualannya. Dengan diantar oleh anak laki-lakinya menggunakan sepeda motor, ia menuju Pasar Karanglewas. Sekali berbelanja, Ibu Fatonah mengaku menghabiskan modal sebanyak Rp 1.000.000,00 untuk jualan selama sehari. Uang sebesar itu ia gunakan untuk membeli aneka macam sayuran, tempe, tahu, hingga ikan dan daging.

Ibu Fatonah dengan jualan sayurnya
Sekitar jam lima pagi ia sudah berada di rumah dan menggelar dagangannya di ruang tamu. Para pelanggan yang merupakan tetangganya di kawasan Perumahan Saga Baru biasanya langsung menyerbu dagangannya. Setelah hari beranjak siang (sekitar pukul 06.30) ia bersama anak laki-lakinya berangkat keliling komplek menggunakan sepeda ontel untuk menjajakan dagangan sayurannya. Di beberapa titik ia berhenti untuk melayani pelanggannya.

Pelanggan Ibu Fatonah tidak bisa dibilang sedikit. Jenis dagangannya yang banyak dan lengkap membuat kehadirannya selalu dinanti-nanti oleh para pelanggan. Apalagi, harga jualnya relatif lebih terjangkau dibanding harga bahan-bahan di Pasar Pon, sehingga para ibu di sekitar Perumahan Saga Baru yang notabene dekat dengan Pasar Pon lebih memilih berbelanja kepada Ibu Fatonah dibanding berbelanja di sana.

Ibu Fatonah tengah melayani para pelanggannya
Rata-rata pelanggan Ibu Fatonah berbelanja dari kisaran Rp 20.000,00 hingga Rp 50.000,00. Namun ia sering menyayangkan kebiasaan beberapa pelanggan yang memilih berhutang ketika berbelanja padanya. Meskipun kebanyakan membayar hutangnya di awal bulan, tetapi tidak jarang ada satu-dua yang membiarkan hutangnya menumpuk. Hal ini yang sering menjadi kendala Ibu Fatonah dalam urusan pengembalian modal. Apalagi ia harus memutar uangnya setiap hari untuk menjalankan usahanya. Untungnya, Ibu Fatonah mengaku keuntungan setiap harinya dapat menutup kekurangan dari hutang beberapa pelanggannya, sehingga ia pun tetap bisa berjualan setiap hari.

Saat ini, sebuah kulkas dua pintu bertengger di ruang tamu rumahnya. Ibu Fatonah mengaku membelinya dari guliran dana yang diberikan melalui KUMM Amanah. Sebelumnya, Ibu Fatonah hanya menyimpan sisa dagangannya di meja. Tentu itu merugikan jika yang tersisa adalah bahan makanan yang mudah basi. Setelah memiliki kulkas, Ibu Fatonah dapat menyimpan sisa dagangannya dengan aman dan lebih awet. Keuntungan pun lebih banyak ia dapat karena bahan makanan yang tersisa bisa ia jual kembali keesokan harinya.

Ibu Fatonah merasa berterima kasih dengan adanya program KUMM ini. Ia merasakan perbedaan yang berarti terhadap usahanya antara sebelum mendapat guliran dana dan sesudahnya. Untuk pengembalian dana setiap bulannya, Ibu Fatonah pun tidak mengalami kendala. Hingga saat ini ia tetap melakukan pengembalian secara tepat waktu. (nena/pwt)

















Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger