Home » , » Annual Report 2015 PKPU Purwokerto

Annual Report 2015 PKPU Purwokerto


PURWOKERTO - Alhamdulillaahirobbil’aalamiin. Tahun 2015 telah dilewati PKPU Purwokerto dalam misinya menjadi lembaga terpercaya dalam membangun kemandirian. Ribuan Penerima Manfaat (PM) telah merasakan berbagai program yang telah kami laksanakan di berbagai lokasi di sepanjang tahun ini. Mulai dari ibu penjual sayur keliling, para anak yatim, hingga para siswa dhuafa berprestasi. Program yang terbagi dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, kebencanaan, Ramadhan, dan Qurban ini telah membawa kemanfaatan bagi tidak kurang 5.393 orang di wilayah Banyumas dan sekitarnya. Sebanyak 1002 orang merupakan penerima manfaat program kesehatan, 909 orang penerima manfaat program pendidikan, 41 orang penerima manfaat program ekonomi, 2.341 orang penerima manfaat program Ramadhan, serta 1100 orang penerima manfaat program Qurban. Selain itu, ratusan korban bencana nasional tanah longsor yang merupakan warga Dusun Jemblung, Banjarnegara, juga menerima kemanfaatan dari bantuan yang disalurkan oleh PKPU. Hingga saat ini, PKPU masih membantu proses recovery di wilayah relokasi korban longsor.



Program PKPU di empat bidang tersebut terbagi dalam program pemberdayaan dan program charities. Penerima manfaat program pemberdayaan terbagi dalam beberapa program seperti Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM), Beasiswa Akselerasi Pintar (BeAStar), Mobile Learning and Fun Education (M-Life), program rutin yatim, Bea Studi Muda, dan Pelatihan Kerelawanan. Dalam program-program pemberdayaan ini, para penerima manfaat yang terdiri dari masyarakat dhuafa pemilik usaha mikro, siswa/i dhuafa berprestasi dan anak yatim, dimonitroring secara rutin melalui kegiatan pendampingan. Melalui pendampingan inilah dapat diketahui bagaimana perkembangan para penerima manfaat dilihat dari berbagai aspek yang telah ditentukan. Seperti dalam program KUMM misalnya, para anggota kelompok didampingi dalam pengelolaan dana yang telah digulirkan untuk menunjang usaha mereka, apakah usaha mereka benar-benar berkembang atau tidak. Hingga saat ini, terdapat 3 KUMM yang dibina oleh PKPU yang berada di Kelurahan Kober dan Mangunjaya.

Untuk program charities atau program berbagi, PKPU telah melaksanakan Program Kesehatan Masyarakat Keliling (Prosmiling), Berbagi Air, 1000 Jamban, serta program di bulan Ramadhan seperti Sebar Al-Qur’an Nusantara (SAN), Sebar Mukena dan Sarung (SMS), Santunan Yatim, Sunatan Massal, dan pendistribusian daging Qurban. Di wilayah bencana longsor yang menelan lebih dari 100 nyawa di Banjarnegara, PKPU melakukan kegiatan tanggap bencana (pencarian dan evakuasi jenazah), mendirikan dapur air di pengungsian, dan turut berpartisipasi dalam recovery pasca bencana, salah satunya membangun Sarana Air Bersih (SAB) untuk pemukiman relokasi warga korban bencana.

Ribuan orang telah merasakan manfaat dari program-pogram tersebut. Seperti dalam Prosmiling, masyarakat dhuafa yang kesulitan mengakses pelayanan kesehatan dapat memeriksakan diri kepada dokter yang telah disiapkan oleh tim PKPU dan memperoleh obat secara gratis. Begitu juga dengan masyarakat yang kesulitan memperoleh air, tidak memiliki jamban, tidak memiliki perlengkapan sholat yang layak, serta tidak ada biaya untuk melakukan khitan, sebagian telah terbantu oleh program charities yang dilaksanakan oleh PKPU.

Terlaksananya program dengan penerima manfaat dalam jumlah yang cukup besar dan sebaran wilayah yang cukup luas, tak lepas dari komitmen dan loyalitas para donatur yang tetap mempercayai PKPU sebagai mitra dalam menebar manfaat bagi mereka yang membutuhkan. Terima kasih yang setulusnya kami ucapkan kepada para donatur.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger