Home » , , » Komunitas Home Schooling Griya Qur'an: Kami Tetap Menjadi Partner dan Ruang Belajar Siswa dan Orang Tua

Komunitas Home Schooling Griya Qur'an: Kami Tetap Menjadi Partner dan Ruang Belajar Siswa dan Orang Tua

Kami tetap menyebut kegiatan kami dengan Komunitas Home Schooling Griya Qur’an, meskipun orang melihat kami sama sebagaimana PAUD atau Kelompok Bermain pada umumnya. Kami berharap semangat yang dibangun pada awal pendirian komunitas ini tidak luntur dan terjebak pada formalitas dan mengubah komunitas menjadi persekolahan pada umumnya. Griya Qur’an akan tetap menjadi partner dan ruang belajar bersama para orang tua untuk menjalankan amanah dari Allah, mendidik dan menumbuhkan fitrah anak dengan sebaik mungkin.

Anak-anak dan orang tua Komunitas Home Schooling Griya Qur'an berkunjung ke rumah teman

Selama satu semester pertama, setelah melewati masa adaptasi baik anak-anak maupun orangtua, kami menyadari pentingnya anak-anak untuk banyak bermain bersama alam, maka selain kegiatan reguler berupa bermain sentra, kami merancang kegiatan-kegiatan lain untuk menginteraksikan anak-anak dengan ayat-ayat kauniyah Allah. Kegiatan tersebut misalnya jalan-jalan keliling kampung mengamati aneka binatang peliharaan di lingkungan kami,bermain ke rumah teman yang memiliki tanaman tertentu, jalan-jalan ke sawah, mandi di sungai, bermain percobaan sains di salah satu rumah teman, berkunjung dan medangan di rumah teman, naik angkutan desa untuk mengunjungi rumah teman di Baturraden, dan sebagainya.

Berekreasi di Kali Pelus

Selama semester satu juga sudah terlaksana kegiatan parenting class sebanyak empat kali pertemuan, dan sering juga secara informal kami para orangtua berdiskusi tentang pendidikan bahkan sampai muncul ide dari orangtua untuk ta’lim rutin pekanan mengingat ternyata menjadi orang tua juga sangat membutuhkan ilmu baik ilmu parenting maupun ilmu agama untuk bisa menjalankan amanah dari Allah mendidik putra-putri sebaik mungkin.
Berlatih menanam sayur

Sementara untuk semester dua yang baru berjalan dua pekan ini, kami mengambil tema bermain tentang rekreasi dan kendaraan. Untuk mendukung tema, kami mengadakan kegiatan rekreasi ke Kolam renang dan taman bermain Tirto Asri, Walik, Purbalingga. Dan selain kegiatan regular bermain sentra, kami memberikan ruang untuk anak-anak bermain sesuai dengan ide mereka, dan kadang-kadang mengenalkan aneka dolanan masa lalu seperti junjang umpet, rumah kosong dan sebagainya.

Berlatih membuat kolase dari daun kering

Komunitas Home Schooling Griya Qur'an merupakan kelompok bermain binaan PKPU Purwokerto. Komunitas ini berdiri sejak tahun 2013 dan telah mencetak dua angkatan alumni. Terletak di kawasan padat penduduk Kelurahan Pabuwaran, Purwokerto Utara, kelompok bermain ini menjadi salah satu favorit warga untuk pendidikan awal putra-putri mereka karena konsep pendidikannya yang lebih bersahabat dengan alam dan tentunya tanpa dipungut biaya. (tri/pwt)
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Blognya Aria
Copyright © 2011. PKPU PURWOKERTO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger